Wow, Indonesia Bakal Punya Pabrik Tesla Di Batang Jawa Tengah

Wow, Indonesia Bakal Punya Pabrik Tesla Di Batang Jawa Tengah

TANDA-BACA.CO.ID.Setelah sempat tarik ulur akhirnya Tesla bakal mendirikan pabriknya di Indonesia.

Perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk ini kabarnya akan membangun pabriknya  di Batang, Jawa Tengah tahun ini.

Hal itu dikatakan Menteri Investasi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

Dikutip  dari akun Instagram @infia_fact, Bahlil Lahadalia mengatakan , rayuan Presiden Joko Widodo  membuat Tesla yang sebelumnya masih tarik-ulur, akhrnya akan  membangun pabriknya  di Indonesia.

Dikatakan ada  dua bagian investasi besar yang bakal dilakukan Tesla. Pertama adalah ekosistem baterai mobil listrik dan yang kedua mobilnya.

Bila itu terwujud maka  Indonesia kemungkinan akan menjadi negara keempat yang memiliki pabrik Tesla setelah Amerika Serikat, China dan Jerman.

Pabrik-pabrik tersebut memproduksi berbagai macam mobil listrik Tesla, baterai lithium-ion, hingga supercharger.

Selain Tesla kabarnya ada pabrik mobil listrik lain yang dibangun Batang, seperti CATL, LG dan Foxconn.

Upaya pemerintah untuk membawa Tesla ke Indonesia khususnya  ke Batang, Jawa Tengah sepertinya tak main-main.  Kawasan ini memang disiapkan untuk relokasi pabrik dari luar dengan insentif sewa lahan gratis selama 10 tahun. Bahkan sebanyak 153 perusahaan asing dan luar sudah antre masuk masuk ke Indonesia termasuk ke Batang Jawa Tengah tersebut.

Presiden Jokowi sebelumnya telah memerintahkan pembukaan lahan seluas seluas 4.000 hektare milik PTPN IX di Batang. Tahap pertama dibuka seluas 450 hektare, sehingga harapannya Indonesia makin bisa bersaing menyambut investor dengan pelayanan yang baik dan transparan.***

Sug

Ekbis