The Hum, Dengung Misterius di Perut Bumi Ternyata Berasal dari ….

The Hum, Dengung Misterius di Perut Bumi Ternyata Berasal dari ….

TANDA-BACA.CO.ID – Bumi tidak diam, tetapi menghasilkan suara yang mirip dengung dan bisa bertahan selama berbulan-bulan.
Jangan heran, kalau kemudian orang menilai suara dengunan bumi itu adalah suara misterius dari sebuah benda atau binatang.

Orang yang bisa mendengar The Hum (dengung bumi) adalah mereka yang tengah berada di tempat dengan kesunyian tingkat tinggi.

Warga yang berada di daerah Taos, New Mexico sering mendengar suara-suara aneh, yang bisa disebut dengan the hum.

Selain di Taos, suara dengungan bumi juga terdengar di daerah Inggris, yang dikenal dengan Bristol Hum.

Selama puluhan tahun, ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu telah berusaha mengetahui sebab musabab suara dengung misterius itu.

Fabrice Ardhuin, pakar oseanografi dari French Research Institute for Exploitation of the Sea, akhirnya berhasil mengungkapnya.

Ardhuin menjelaskan, sebelumnya, banyak ilmuwan berpikir bahwa dengung itu dihasilkan oleh gelombang besar di samudra yang bisa mencapai dasar laut.

“Gelombang itu bisa mengaduk lautan, menggoyang benua, hingga menghasilkan bunyi dengung,” katanya.

Namun, hasil penelitian Ardhuin mengungkap, bahwa pandangan banyak ilmuwan tersebut kurang tepat.

Ardhuin mengatakan, dengung misterius Bumi disebabkan oleh tabrakan dua gelombang besar di lautan yang menghasilkan gelombang seismik kecil.

“Gelombang itu butuh waktu 13 detik guna menyelesaikan satu getaran,” katanya.

Sementara itu, gelombang yang pelan di dasar laut juga bisa menghasilkan gelombang seismik dengan frekuensi 13-300 detik. Sebagian besar dengung berasal dari gelombang ini.

“Menurut saya, hasil penelitian kami adalah langkah penting dalam transformasi suara misterius Bumi menjadi sinyal yang bisa dijelaskan,” ungkap Ardhuin seperti dikutip Livescience, Selasa beberapa waktu lalu.

Gelombang seismik yang menghasilkan dengung Bumi terus berlangsung sepanjang waktu, walaupun tak ada gempa.

Fenomena itu disebut aktivitas mikroseismik. Ilmuwan mengatakan, terungkapnya misteri tentang dengung Bumi akan membantu mengungkap lebih banyak teka-teki tentang struktur Bumi.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Geophysical Research Letter.

Uncategorized