Situ Cicerem Kuningan, Spot Favorit Wisatawan yang Ingin Liburan Bersama Keluarga

Situ Cicerem Kuningan, Spot Favorit Wisatawan yang Ingin Liburan Bersama Keluarga

TANDA-BACA.CO.ID, KUNINGAN
Lokasinya yang didominasi dengan dataran tinggi dan sebagian dataran rendah membuat Jawa Barat memiliki ragam wisata alam yang indah. Bahkan beberapa wisata alam di Jawa Barat di antaranya menjadi terkenal lantaran pesonanya yang memiliki ciri khas.

Salah satu yang masih viral dan menjadi favorit hingga saat ini adalah Situ Cicerem. Telaga Biru Cicerem merupakan sebuah danau alami yang disebut memiliki air yang sangat jernih, seperti kaca.

Bahkan kejernihannya itu membuat ikan-ikan serta bebatuan di bagian dasar danau bisa terlihat dari permukaan.

Situ yang terletak di Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat itu kini masih menjadi spot favorit bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Panorama Indah

Situ Cicerem berada di kaki Gunung Ceremai yang terkenal dengan mitos dan misteri Nini Peletnya. Danau tersebut mulai booming setelah dibuat senderan pada salurannya di tahun 2010 oleh Aang Hamid Suganda yang kala itu menjabat sebagai Bupati Kuningan.

Telaga yang kedalamannya mencapai 5 meter ini, memiliki kontur berbatu dan ditumbuhi tanaman air berwarna hijau.

Tidak seperti danau pada umumnya yang cenderung berwarna cokelat dan keruh, Situ Cicerem ini cukup unik. Airnya bernuansa biru jernih seperti Telaga Nilem, sehingga Anda bisa melihat dasar danau dengan jelas.

Beraneka jenis ikan menjadi penghuni tetap di sini. Meskipun jumlahnya mencapai ribuan, tapi anehnya tidak membuat air telaga berbau amis dan keruh.

Selain itu, masyarakat sekitar dan pengunjung juga tak melakukan aktififitas memancing di Telaga Biru Kuningan karena memang tidak diperbolehkan. Mereka justru menikmati momen berkumpulnya kawanan ikan dan mengabadikannya dalam sebuah gambar atau foto.

Biasanya, para pengunjung akan duduk di bebatuan besar sambil menunggu ikan-ikan berkumpul untuk menyerbu makanan yang mereka sebarkan. Pemandangan tersebut sangat menyegarkan.

Tidak jarang dari mereka yang bahkan ikut berenang atau sekedar berendam di pinggir telaga karena tergoda oleh jernihnya air dan ajakan para ikan.
Atau bisa juga menggunakan pelampung yang bentuknya seperti kasur untuk merasakan sensasi tidur di atas air
sembari merasakan sejuknya hawa telaga.

Bagi yang tidak ingin berenang bisa menikmati suasana tenang nan damai sambil duduk di tepi danau. Dijamin, kepenatan selama satu minggu menjalankan aktififitas akan hilang seketika.

Jangan khawatir, karena pepohonan di sekitarnya sangat rindang, sehingga siang hari pun terasa seperti sore. Ketika senja tiba, suara tonggeret dan jangkrik akan mulai bersahutan seolah mengingatkan pengunjung untuk segera pulang.

Tempat yang berada di ketinggian 280-315 mdpl ini memiliki suhu rata-rata 19-28 OC. Temperatur paling tinggi di Situ Cicerem biasanya sangat terasa pada bulan Juni hingga September. Jadi, jika berkunjung pada bulan tersebut, pastikan untuk mengenakan pakaian yang tebal dan hangat.

Sejarah Singkat

Telaga Biru Kuningan berkaitan erat dengan sejarah asal mula terbentuknya Desa Kaduela. Dulu, ada seorang pemuka agama yang berasal dari Kasepuhan Cirebon. Beliau berniat untuk menyebarkan Agama Islam di desa tersebut.

Dalam melaksanakan tugasnya, beliau melakukan pertemuan dengan para warga di danau. Saat itu, Situ Cicerem masih berupa mata air kecil. Tapi, beberapa waktu kemudian, sesepuh desa memutuskan untuk memperluasnya sebagai sumber mata air.

Sekarang, warga menggunakan danau untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti mencuci dan mandi. Jika ingin mengetahui asal usul lengkapnya, Anda bisa bertanya pada warga desa setempat.

Perlu diketahui, Telaga Biru Kuningan belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti wahana wisata lainnya. Hal itu dikarenakan danau tersebut hanya dikelola oleh masyarakat sekitar yang tergabung dalam Karang Taruna Warga.

Mungkin jika pemerintah ikut mengembangkannya, fasilitas yang ada akan lebih memadai. Sebab, saat ini cuma ada dua buah warung dan toilet saja.

Rasanya masih kurang, mengingat telaga di Kecamatan Pasawahan itu kini semakin dibanjiri wisatawan yang penasaran akan pesonanya.

Terutama para anak muda yang ingin memenuhi hasrat memotret. Situ Cicerem wajib masuk dalam list destinasi liburan Anda.

Pemandangannya indah, tarif masuknya pun murah. Ditambah pengunjung bisa mendapatkan pengalaman seru dengan berdansa bersama ribuan ikan.

dari berbagai sumber

Destinasi