Saat Rayakan Idul Fitri Bolehkah Warga Bodetabek ke Jakarta atau Sebaliknya.

Saat Rayakan Idul Fitri Bolehkah Warga Bodetabek ke Jakarta atau Sebaliknya.

TANDA-BACA.CO.ID-JAKARTA

Aturan perjalanan di dalam wilayah aglomerasi ternyata masih membingungkan masyarakat. Mereka masih bertanya, Apakah boleh masuk ke Jakarta atau sebaliknya pada masa larangan Mudik 6-17 Mei 2021.

Atas pertanyaan ini Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, memastikan peniadaan mudik dalam segala hal. Termasuk di dalam satu wilayah aglomerasi.

Aturan Surat Edaran Satgas No. 13/2021 maupun Peraturan Menteri Perhubungan No. 13/2021 telah sejalan dan tidak ada perubahan.

Menurut dia kebijakan tetap yaitu peniadaan mudik, tujuannya agar tidak terjadi peningkatan mobilitas masyarakat pemicu kerumunan.

Katanya kebijakan ini diterbitkan atas alasan potensi silaturahmi dengan kontak fisik yang terjadi saat bertemu yang berpotensi menimbulkan peningkatan peluang transmisi dalam lingkup keluarga.

Di tempat terpisah Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, menyebutksn meski kegiatan Mudik dilarang namun layanan transportasi tetap beroperasi

Seperti diketahui, regulasi transportasi di wilayah aglomerasi telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 13 Tahun 2021.

Wilayah-wilayah aglomerasi yang dimaksud untuk wilayah Jabodetabek terdiri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Wilayah Jawa Barat, termasuk area Bandung Raya. Kemudian Jawa Tengah ada Semarang, Kendal, dan Purwodadi serta yang masuk Solo Raya, dan yang masuk dalam wilayah Yogyakarta Raya.

Lantas untuk Jawa Timur di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan. Selanjutnya Sulawesi Selatan terdiri dari Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros. Sumatera Utara dari Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo.

Layanan transportasi antar wilayah aglomerasi ini tetap berjalan, untuk kepentingan aktivitas esensial seperti logistik, konstruksi, perhotelan dan pelayanan dasar.

Sedangkan pengaturan pengoperasian sarana transportasi darat pada kawasan perkotaan dibatasi jumlah operasionalnya, dengan tetap memperhatikan penyediaan bagi operasional sarana untuk kepentingan mendesak dan non mudik.

Nasional Uncategorized