Dua Harimau Sumatera TMR Terpapar Covid-19, Hari dan Tono Berangsur Pulih

Dua Harimau Sumatera TMR Terpapar Covid-19, Hari dan Tono Berangsur Pulih

TANDA-BACA.CO.ID, JAKARTA
Dua Harimau Sumatera penghuni Taman Margasatwa Ragunan (TMR) DKI Jakarta terpapar Covid-19 sejak 15 Juli 2021, langsung dikarantina. Kini kondisi Hari dan Tono –nama dua harimau itu berangsur pulih.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan dua Harimau Sumatera penghuni TMR Ragunan terjangkit virus corona.

“Ya, Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif Covid-19 sejak 15 Juli lalu. Dan langsung menjalani karantina,” kata Anies melalui unggahan di Instagram pada Minggu 1 Agustus 2021.

Orang pertama di DKI Jakarta itu juga mengatakan kemarin (Sabtu, 31 Juli 2021), sudah datang ke TMR untuk melihat kondisi kondisi dua harimau sumatera yang tengah melakukan isolasi

“Pasokan makanan dan obat untuk kedua harimau itu mencukupi untuk kebutuhan selama di karantina,” katanya.

Dijelaskan Anies, tiga pekan lalu pawang melihat kondisi dua hewan tersebut lemas seperti tengah sakit, kekhawatiran muncul saat perhatikan gelajanya seperti Covid-19, ada flu, lemas dan sesak napas.

Pihak TMR, jelas Anies kemudian memanggil petugas swab untuk melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) pada dua harimau itu, dan hasilnya positif Covid-19.

Hasil test swab itu diunggah Gubernur DKI Jakarta, Tino positif dengan CT N1 27.51 dan CT N2 27.68, sementara Hari positif dengan CT N1 24.30 dan CT N2 24.23.

Anies mengatakan saat ini keadaan Hari dan Tino sudah berangsur pulih. Namun karena penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Gubernur DKI Jakarta ini belum mengizinkan masyarakat berkunjung ke TMR.

“Kasus satwa terkena Covid-19 termasuk, terutama harimau dan singa, tidaklah unik. Telah banyak kasus serupa di berbagai negara lain. Tentu perawatan satwa terkena Covid-19 ini tidak sama dengan manusia,” pungkasnya.

Peristiwa